Pengertian Jurnal Akuntansi


Pengertian Jurnal Akuntansi

Ketika sebuah usaha membuat transaksi keuangan, mereka membuat jurnal dalam jurnal akuntansi  keuangan untuk mencatat transaksi tersebut. Transaksi ini dicatat dalam jurnal umum atau salah satu jurnal khusus untuk akun-akun yang paling aktif. Jurnal-jurnal khusus yang paling umum adalah Journal Penjualan, Journal Pembelian, Kas Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas Jurnal.


Pengertian jurnal akuntansi adalah catatan transaksi keuangan yang dicatat (dimasukkan) dalam sebuah jurnal. Jurnal adalah rincian semua transaksi keuangan dan akun-akun yang mempengaruhi transaksi tersebut.

Semua transaksi bisnis akan dicatat dalam jurnal dengan menggunakan metode pembukuan  double-entry atau single-entry.
Biasanya, entri jurnal dimasukkan sesuai  urutan kronologis / berurutan  / dicatat sesuai dengan tanggal transaksi; dan saldo debet dimasukkan sebelum saldo kredit.

Tujuan Entri Jurnal Akuntansi

Jurnal memberikan informasi dasar untuk semua laporan keuangan dan digunakan oleh auditor untuk menganalisis bagaimana efek  transaksi keuangan terhadap  bisnis.
Jurnal dimasukkan  ke akun tertentu dengan menggunakan Daftar Pembukuan ( chart of accounts ) , dan ayat jurnal tersebut kemudian dicatat dalam buku besar.

Penjelasan dari Jurnal Akuntansi

Dalam akuntansi, sebuah "jurnal" mengacu pada catatan keuangan yang disimpan dalam bentuk buku, spreadsheet, atau perangkat lunak akuntansi yang berisi semua informasi transaksi keuangan pada suatu bisnis.

Jurnal akuntansi dibuat dengan memasukkan informasi dari penerimaan, tiket penjualan, kas, faktur, dan sumber data lainnya yang menunjukkan transaksi keuangan. Transaksi bisnis harus dicatat sehingga dapat disajikan dalam jurnal sesuai urutan kronologis.

Sebelum dimasukkan ke komputer, sebuah jurnal akuntansi adalah buku log fisik dengan beberapa kolom untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan. Saat ini, kebanyakan bisnis menggunakan jenis software akuntansi keuangan untuk mencatat dan mengelola transaksi bisnis mereka. Transaksi tersebut kemudian dimasukkan dalam  kelas buku besar tertentu menggunakan Chart of Accounts Number (No. referensi Daftar Pembukuan) untuk menyiapkan laporan laba rugi, laporan keuangan, dan Laporan keuangan lainnya.

Kesimpulan : Pengertian Jurnal akuntansi adalah catatan rinci tentang transaksi keuangan bisnis. Transaksi yang tercantum dalam urutan kronologis, dengan jumlah, dengan account yang terpengaruh, dan ke arah akun yang terpengaruh. Tergantung pada ukuran dan kompleksitas usaha, nomor referensi dapat diberikan ke setiap transaksi dan catatan dapat menempel menjelaskan transaksi.
Setiap transaksi yang tercantum disebut sebagai jurnal . Informasi dari jurnal ini kemudian dicatat dalam buku besar .
Terima kasih telah membaca artikel : Pengertian Jurnal Akuntansi